Antara HOME DAN HOUSE: Apa bedanya?

Written by Delta Rahwanda

2 Minggu yang lalu kami sempat mengajar guru-guru SD PERSIT (Kartika II 5) Bandar Lampung guna persiapan kelas Bilingual. Kebetulan saya berpartner dengan Ms. Rani (Rani Amrista) untuk mengajar kelas B. Suatu hari Mr. Hasan (salah satu guru yang belajar) bertanya tentang apa perbedaan antara HOME dan HOUSE. Ternyata seluruh siswa tidak tahu perbedaannya!

Apakah anda English Learner? Bisa membedakan penggunaan antara home dan house? Pada awalnya saya kira tidak ada perbedaan antara HOME dan HOUSE. Ternyata mereka berdua berbeda meski artinya sama-sama rumah (Dalam B. Indonesia, red). Here is the solution:

Dalam bahasa Indonesia, bangunan yang ditinggali atau dihuni kita sebut sebagai rumah. Rumah terdiri dari ruang tamu, atap, dapur, pintu, kamar tidur/ mandi, teras dll. Maka dari itu, lebih tepat jika kita mengatakan it is a house. Artinya house digunakan jika hal yang kita maksudkan adalah rumah yang sebenarnya (Bangunan berbentuk rumah/ benda/ fisik).

Sedangkan HOME merupakan penjelasan sebuah tempat di mana kita merasa nyaman jika berada di sana meskipun itu bukan sebuah rumah. Contohnya saja, si putri salju akan mengatakan taman tempatnya bermain dengan kata home. This is my home karena si putri salju merasa sangat comfortable dengan taman itu. Contoh lainnya, Si Tarzan akan mengatakan hutan tempat ia tinggal merupakan his home, meskipun tidak ada rumah di dalam hutan itu. Keseluruhan dari bagian hutan akan disebutkan sebagai HOME karena si Tarzan merasa nyaman dengan situasi hutan. Jika anda adalah seorang mahasiswa yang belajar di luar negeri maka anda bisa mengatakan bahwa INDONESIA is my home, meskipun rumah anda ada di propinsi Lampung.

That is my house (Ada bangunan fisik rumah)

This is my home (Tidak ada bangunan fisik namun bisa berbentuk taman, perkumpulan, koloni dll)

SEMOGA BERMANFAAT…

(Diperbolehkan mengopy dengan syarat menambahkan nama penulis pada bagian yang di copy)

Ditulis tanggal 2 Desember 2009

~ by babattanahleluhur on February 11, 2009.

11 Responses to “Antara HOME DAN HOUSE: Apa bedanya?”

  1. saya sangat setuju…………..

  2. Thanks ya…

  3. oo begitu , okeh 😉

  4. nakasi, Gan!!!

  5. trims atas pencerahannya

  6. oh.. 🙂

  7. akhirnya~ tertolong juga 😀 terimakasih pengetahuannya ^^

  8. alhamdulillah dapat ilmu baru, terima kasih…

  9. terimakasih…

  10. ooo 😮

  11. this is a good info,..thanks ^^v

Leave a comment